Kamis, 05 Maret 2015

Cara Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Cara Menyembuhkan Penyakit Asam Urat Secara Alami

Cara menyembuhkan penyakit asam urat secara alami dengan ramuan obat herbal perpaduan antara ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak merupakan solusi tepat untuk mengobati penyakit asam urat secara alami tanpa efek samping bagi tubuh anda.

Informasi Mengenai Penyakit Asam Urat

asam uratPenyakit asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.
Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian. 

Penyebab Timbulnya Penyakit Asam Urat

Keturunan , penyakit DIM , gangguan ginjal/hipertensi , makanan yang mengandung purin ,obeistas , alkohol, obat kimia diuretik/analgetik , radang sendi/penipisan radangb sendi , usia lanjut , menopause , keturunan , kegemukan , cedera sendi , stres , tulang padat ( pelari OR ).

Gejala Awal Penyakit Asam Urat

  • kesemutan dan linu
  • nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun dari tidur
  • sendi terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan terasa sangat nyeri

CARA MENCEGAH ASAM URAT

  • Pantangan Makanan Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat ini tidak bisa dihindari, tetapi ada beberapa cara untuk mengendalikannya seperti mengontrol makanan yang dikonsumsi. Makanan yang harus dihindari karena mengandung banyak purin antara lain: lauk pauk (jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), sea food (udang, kerang, cumi, kepiting), makanan kaleng (kornet dan sarden), daging, telur, kaldu kental, kacang-kacangan dan olahannya (tempe, susu kedelai, tauco, emping, melinjo, tauge), sayuran (bayam, daun singkong, kangkung, asparagus, kembang kol, buncis), buah-buahan (durian, alpukat, nanas, air kelapa), dan makanan minuman beralkohol (bir, tape, anggur).
Untuk mencegah kekambuhan dianjurkan untuk minum banyak air. Sementara bagi penderita yang memiliki kelebihan berat badan, apabila berat badannya dikurangi, kadar asam urat sering mendekati normal.
  • Makanan Yang Bisa Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat
Selain anda mengetahui tentang pantangan makanan penyakit asam urat , adapun beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat dan berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat :   
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang   
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry   
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat   
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi  
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras / kelelahan 
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Informasi Pengobatan Asam Urat Dengan Ekstrak Kulit Buah Manggis Dan Ekstrak Daun Buah Sirsak

Buah manggis dan buah sirsak merupakan kedua buah yang sudah terkenal dikalangan masyarakat , namun apabila kita berbicara mengenai khasiat dan kandungan yang terdapat pada buah manggis dan buah sirsak belum tentu semua orang mengetahuinya , untuk itu disini kami akan memberikan informasi mengenai khasiat dan kandungan buah manggis dan buah sirsak :
  • Ekstrak Kulit Buah Manggis
Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis berfungsi untuk mengurangi terjadinya kerusakan sel sebagai akibat dari adanya radikal bebas dalam tubuh. Khasiat kulit manggis untuk pengobatan asam urat lain adalah karena adanya kandungan bahan kimia alami yang digunakan sebagai anti peradangan sehingga ini sangat berguna untuk mengobati penyakit asam urat.
Khasiat kulit manggis untuk obat asam urat sangat berkaitan dengan adanya protein alami yang sangat baik untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, maka khasiat kulit manggis untuk obat asam urat akan makin sempurna bila penderita memperbanyak minum air putih dan meninggalkan kebiasaan buruk, misalnya minum kopi dan mengonsumi alkohol.
  • Ekstrak Daun Buah Sirsak
Daun sirsak mengandung zat gizi yang lengkap dan sangat mendukung sebagai obat penyakit asam urat, diantara berbagai kandungan tersebut terdapat fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta asetogenin. Keseluruhan zat gizi yang ada di dalam daun sirsak akan bekerja secara sinergis meredakan gejala dan mengobati penyakit asam urat dengan tuntas. Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi (menekan peradangan) serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar